Program Studi Teknik industri digagas oleh Sekolah Tinggi Teknologi Migas dan termaktub dalam Renstra dan Rencana Pengembangan Pendidikan Sekolah Teknologi Migas. Pelaksanaan perijinan untuk operasional telah dimulai dari tahun 2019. Puji Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Program Studi Teknik Industri dapat berdiri atas dasar Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik lndonesia No:429/M/2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknik Industri Program Sarjana pada Sekolah Tinggi Teknologi Migas di Kota Balikpapan yang diselenggarakan oleh Yayasan Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan yang diterbitkan tanggal 8 April 2020 yang menjadikan prodi ini merupakan Program Studi ke-5 yang beroperasi di bawah naungan Yayasan Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi Balikpapan.

Program studi Teknik Industri diprakarsai atas dasar banyaknya Stakeholder di Balikpapan dan Kalimantan Timur yang bergerak di Industri Energi baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan. Oleh karenanya program studi ini didorong untuk dapat mengisi pembangunan dengan berpartisipasi aktif dalam dunia Industri Energi tersebut. Program Studi Teknik Industri menjadi satu-satunya Program Studi Teknik Industri yang berfokus pada Industri Energi Migas dan Energi Terbarukan di Kalimantan Timur.

Lulusan Teknik industri Sekolah Tinggi Teknologi Migas diharapkan dapat menjadi Engineer yang berintegritas dengan memiliki kemampuan akademis di bidang industri, baik dalam penerapan dan pengembangan sistem, maupun melakukan inovasi dalam proses problem solving. Lulusan Teknik Industri STT Migas diharapkan dapat terserap dalam dunia kerja sebagai Production Planning, Process Planner, Operation Staff, Maintenance Officer, Consulting Engineer, Energy Auditor, Standard and Procedure Development Officer, dan lain sebagainya, serta mampu memiliki jiwa techno-preneur baik di Industri migas (hulu ke hilir) maupun non migas.